Bisnis dapat beroperasi bila berhubungan dengan bagian berbeda yaitu informasi mengenai pemasok, pelanggan, karyawan, tagihan dan pembayaran, serta produk dan jasa. Sistem informasi adalah proses meningkatkan bisnis yang terletak pada inti bisnis. Proses bisnis adalah arus kerja dari bahan baku, informasi dan pengetahuan seperangkat aktivitas. Proses bisnis berpedoman pada metode di mana pekerjaan dikelola, dikoordinnasikan dan difokuskan untuk memproduksi produk dan jasa yang bernilai. Kinerja suatu perusahaan sangat tergantung pada berapa baik proses bisnis dirancang dan dikoordinasikan. Jika dapat memungkinkan perusahaan untuk berinovasi atau untuk menjalankan usahanya dengan lebih baik dari para pesaingnya maka proses bisnis perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan kompetitif.
Teknologi baru dapat mengubah arus informasi menggantikan langkah berurutan yaitu tugas yang dapat dilakukan secara paralel dan menghindari penundaan pada pembuatan keputusan. Informasi juga dapat mengubah cara kerja bisnis dan mendorong model bisnis yang sepenuhnya baru. Contoh : Memesan buku yang dilakukan secara online dan mendownload musik.
Proses bisnis perlu diperhatikan, baik pada kelas sistem informasi maupun pada karier. Jenis-jenis sistem informasi bisnis yang mendukung proses bisnis perusahaan, yaitu :
- Sistem dari sudut pandang fungsional. Terdiri dari : Sistem pejualan dan pemasaran yang bertanggung jawab dalam menjual produk dan jasa organisasi. Sistem manufaktur dan produksi bertanggung jawab untuk benar-benar memproduksi barang dan jasa suatu perusahaan. Sistem keuangan dan akuntansi bertanggung jawab mengelola aset keuangan perusahaan (mis : uang tunai, saham, obligasi, dan investasi lainnya). Sistem sumber daya manusia bertanggung jawab untuk menarik, mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan.
- Sistem dari sudut pandang konstituen. Terdiri dari : Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS) yaitu sistem yang menyimpan catatan aktivitas dasar dan transaksi organisasi (penjualan, penerimaan, penyimpanan kas, penggajian, keputusan kredit, dan arus bahan baku di pabrik). Sistem informasi manajemen (MIS) yaitu merancang kategori khusus sistem informasi yang melayani manajemen tingkat menengah, menyediakan laporan kinerja terbaru perusahaan kepada manajemen tingkat menengah dan sistem pendukung keputusan (DSS) yaitu menunjang pembuatan keputusan yang tidak rutin untuk manajemen tingkat menengah yang berfokus pada masalah yang unik dan cepat berubah. Sistem pendukung eksekutif (ESS) yaitu membantu manajemen senior membuat keputusan, menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi, dan pendekatan karena tidak mendapat prosedur yang disetujui untuk mencapai solusi, ESS dirancang untuk menggabungkan data tentang kejadian eksternal juga menggambarkan rangkuman informasi dari MIS dan DSS internal.
- Sistem perusahaan, menyelesaikan masalah dengan cara mengumpulkan data dari beragam proses bisnis inti pada manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, penjualan dan pemasaran, dan sumber daya manusia dan menyimpan data pada penyimpanan data pusat tunggal.
- Sistem manajemen rantai pasokan, membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok. Menyediakan informasi untuk membantu pemasok, perusahaan pembeli, distributor dan perusahaan logistik. Tujuan utamanya untuk mendapatkan jumlah produk yang tepat dari sumber menuju titik konsumsi dengan jumlah waktu tersingkat dan dengan biaya yang rendah.
- Sistem manajemen hubungan pelanggan, membantu perusahaan mengelola hubungan denan pelanggan. Menyediakan informasi untuk mengoordinasikan seluruh proses bisnis yang berhungan dengan pelanggan.
- Sistem manajemen pengetahuan, memungkinkan organisasi untuk lebih baik dalam mengelola proses pemerolehan dan penerapan pengetahuan dan keahlian. Mengumpulkan seluruh pengetahuan dan pengalaman relevan dalam perusahaan.
Departemen sistem informasi adalah unit organisasi formal yang bertanggung jawab atas jasa teknologi informasi. Bertanggung jawab unt
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PERANAN NYA DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN Sistem Informasi Manajemen
Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik. Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data). Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system). Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.
Sebuah perusahaan mengadakan transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya sehari-hari. Daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas perkiraan harus dibutuhkan: semua ini dan hal-hal lainnya adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu. Komputer bermanfaat utnuk tugas-tugas pengolahan data semacam ini, tetapi sebuah sistem informasi menajemen melkasanakan pula tugas-tugas lain dan lebih dari sekedar sistem pengolahan data. Adalah sistem pengolahan informasi yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen dan bagi pengambilan keputusan.
Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan keriga terdiri dair sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi utnuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.
Definisi sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.
peranan Sistem Informasi Manajemen dalam operasional perusahaan
Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi . sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi.
Peran sistem informasi manajemen untuk mencapai keunggulan strategis dapat dicontohkan pada suatu perusahaan yang mutuskan untuk mengubah seluruh datanya menjadi basis data dengan alat penghubung standar (seperti alat penghubung browser web) sehingga memungkinkan berbagi informasi dengan para sekutu-sekutu bisnis dan pelanggannnya. Basis data yang terstandarisasi dan dapat diakses melalui browser web mencerminkan pergeseran posisi perusahaan secara strategis.
Persaingan merupakan kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi bisnis. Strategi persaingan yang diterapkan oleh bisnis/industri mampu memberikan keunggulan organisasi, dengan memperhatikan faktor biaya, mutu dan kecepatan proses. Keunggulan kompetitif akan membawa organisasi pada kemampuan mengendalikan pasar dan meraih keuntungan usaha. Strategi bisnis menjadi pusat yang mengendalikan strategi organisasi dan strategi informasi. Perubahan pada salah satu strategi membutuhkan penyesuaian, agar tetap setimbang.
Hubungan antara strategi kompetitif perusahaan dan manfaat penggunaan sistem informasi dikembangkan melalui beberapa lapisan, mulai dari perencanaan, analisa dan perancangan. Sejalan dengan semakin luasnya pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan bisnis, maka pemisahan antara teknologi informasi dan strategi kompetitif perusahaan semakin tidak terlihat. Hal ini karena seluruh strategi kompetitif perusahaan harus memiliki teknologi informasi. Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya. Selain itu, strategi perusahaan berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan investasi serta menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.
sumber dari : http://www.scribd.com/doc/96972457/Sistem-Informasi-Manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar